PENCANANGAN “KAMPUNG KB” DAN PEMBANGUNAN DESA WISATA ASEMDOYONG

Pencanangan kampung Keluarga Berancana Pembangunan Keluarga (KKBPK) atau sering disebut juga “Kampung KB” di desa-desa Wilayah Kabupaten Pemalang terus berlanjut. Kali ini pencanangan kampung KB Tingkat Desa dilaksanakan di RT 50 RW 10 Karanganyar Desa Asemdoyong, Kecamatan Taman, oleh Bupati Pemalang yang pada kesempatan kali ini diwakili oleh Kepala Dinas Sosial Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Bapak Slamet Masduki bersama Ketua Tim Penggerak PKK Ibu Endang BPM Wibowo, Senin (22/5).

Turut hadir dalam acara tersebut, Camat Taman, Danramil dan Kapolsek serta Jajaran PL KB, PKK Desa dan masyarakat desa Asemdoyong.

Kepala Desa Asemdoyong Darusalam, S.Ag. mengatakan, bahwa di RT 50 RW 10 ini merupakan kampung terpadat dan terdapat sekitar 52 pasangan usia subur, yang masih belum melaksanakan KB.

“Pencanangan KKBPK atau kampung KB di RT 50 RW 10 diharapkan memotivasi semua elemen untuk bersama-sama mengarahkan RT 50 RW 10 menjadi keluarga yang lebih sejahtera di kemudian hari melalui program KB dan program lain yang terkait dengan peningkatan keluarga sejahtera,” kata Darusalam.

Sedangkan Kepala Dinas Sosial Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, mengatakan kampung KB menjadi salah satu inovasi strategis untuk dapat mengimplementasikan kegiatan-kegiatan prioritas program kependudukan, baik itu program KB maupun Pembangunan Keluarga secara utuh di lapangan.

“Kampung KB merupakan salah satu bentuk/model miniature pelaksanaan total program Kependudkan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) secara utuh yang melibatkan seluruh bidang dan mitra kerja instansi terkait sesuai kebutuhan dan kondisi wilayah, serta dilaksanakan di lingkungan terendah,” terangnya.

Kampung KB, dikelola dan diselenggarakan dari, oleh dan untuk masyarakat. Dalam hal ini dilaksanakan guna memberdayakan dan memberikan kemudahan kepada masyarakat, untuk memperoleh pelayanan total program KB.

“Itu dilakukan sebagai upaya mewujudkan keluarga yang berkualitas, agar mampu mewujudkan sumber daya manusia (SDM) unggul dan kehidupan keluarga yang berkualitas, tenteram dan sejahtera. Sehingga Program ini menjadi urgen dilakukan, mengingat jumlah penduduk semakin bertambah dari waktu ke waktu,” lanjut beliau.

Pencanagan ini ditandai dengan pemukulan Gong dan pemotongan pita di Gapura masuk Kampung KB oleh Bapak Camat Taman Drs. BPM Wibowo.

Pada kesempatan kali ini tidak hanya pencanangan kampung KB saja, Camat Taman Bapak Drs. BPM Wibowo dalam sambutannya juga sekaligus membuka dan meresmikan pembangunan Desa Asemdoyong menjadi Desa Wisata dengan potensi alam wisatanya berupa Pantai Muara Indah Asemdoyong.

Asemdoyong merupakan Desa paling ujung utara di kecamatan Taman. Dalam gurauannya Bapak Drs. BPM Wibowo mengatakan wilayah utara Asemdoyong ini sangat luas sampai berkilo-kilo meter jaraknya karena berbatasan langsung dengan Pulau Kalimantan, untuk apa kalau kekayaan yang berupa laut ini tidak Kita manfaatkan potensinya.

Pembangunan Desa Wisata ini dikelola dan diselenggarakan oleh Pemerintah Desa Asemdoyong dibantu masyarakat dan Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) Asemdoyong.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *