Categories
Tak Berkategori

Antusiasme Ibu-ibu Dusun 3 Desa Asemdoyong Mengikuti Kegiatan Posyandu

Posyandu adalah singkatan dari Pos Pelayanan Terpadu, yaitu kegiatan kesehatan dasar yang diselenggarakan dari, oleh, dan untuk masyarakat yang dibantu oleh petugas kesehatan. Di Desa Asemdoyong, Kecamatan Taman, Kabupaten Pemalang, posyandu merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan di setiap dusun.

Proses Pengukuran Antropometri Balita

Pada Rabu (10/07), Dusun 3 Desa Asemdoyong menyelenggarakan kegiatan posyandu ibu hamil dan balita. Ibu-ibu Dusun 3 beramai-ramai datang ke posyandu dengan bayi dan balita mereka. Kegiatan ini dihadiri oleh 12 ibu hamil dan 30 anak balita, serta kader-kader kesehatan, dengan 2 bidan yang bertugas. Kegiatan dilakukan dengan sistem lima meja, di mana meja pertama digunakan untuk pendaftaran balita, ibu hamil, dan ibu menyusui. Meja 2 adalah untuk pengukuran antropometri bayi dan balita, meja 3 untuk pencatatan hasil pengukuran, meja 4 untuk penyuluhan dan pelayanan gizi, dan meja 5 untuk pelayanan imunisasi.

Mahasiswa KKN UNDIP Tim II Tahun 2019 Turut Membantu dalam Kegiatan Posyandu

Sebagai pelaksana kegiatan adalah kader-kader kesehatan yang telah dilatih, tetapi pada saat pelaksanaan pengukuran antropometri bayi dan balita, pengukuran belum dilakukan sesuai standar sehingga besar kemungkinan adanya bias pengukuran yang akan menyebabkan salah diagnosis status gizi pada bayi dan balita. Selain itu, program penyuluhan kesehatan di posyandu juga belum dilaksanakan. Semestinya, kegiatan posyandu memberikan penyuluhan agar masyarakat teredukasi tentang kesehatan mereka. Diharapkan di masa mendatang akan ada pelatihan kader posyandu untuk mengoptimalkan kegiatan supaya benar-benar memberikan manfaat bagi ibu hamil dan balita. Mahasiswa KKN UNDIP Tim II Tahun 2019 yang hadir turut berperan serta membantu kader-kader kesehatan dalam pelaksanaan kegiatan, serta memantau dan menjaga kelancaran acara. Fairuz

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *